Thursday, October 5, 2017

Tahukah Ini Adalah Doa Memakai Pakaian Yang Sebenarnya



Kitab al adzkar adalah kitab karya imam nawawi yang berisi tentang doa dan dzikir yang dilakukan oleh kesehariannya rasullah saw.

يستحب ان يقول: باسم الله، وكذالك يستحب التسمية في جميع الاعمال
وروينا في كتاب ابن السنى عن ابي سعيد الخدري رضي الله عنه، واسمه سعد بن مالك بن سنان، ان النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا لبس ثوبا قميصا أو رداء أو عمامة يقول: "اللهم اني اسلك من خيره وخير ما هو له، واعوذ بك من شره وشر ما هو
له".
وروينا فيه عن معاذ بن انس رضي الله عنه ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: "من لبس ثوبا جديدا فقال: الحمد لله الذي كساني هذا ورزقنيه من غير حول مني ولا قوة، غفر الله له ما تقدم من ذنبه."
Ketika memakai pakaian disunahkan membaca: Bismillah, begitu pula disunahkan membaca basmalah dalam segala perbuatan yang baik.
dalam kitab Ibnu Sina dari Abu Sa’id Al Khudri r.a, beliau bernama Sa’ad bin Malik bin Sanan, (Aku meriwayatkan (kata imam nawawi)) sesungguhnya Nabi Muhammad SAW ketika memakai baju kemeja “baju panjang/jubah”, selendang “sorban”, ataupun tapih “pakaian bawah”, Beliau berdoa:
اللهم اني اسلك من خيره وخير ما هو له، واعوذ بك من شره وشر ما هو له
Allahumma innii as aluka min khoirihi wa khoiri maa huwa lahu, wa a ‘uudzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.
“Ya Allah hamba memohon kepadaMu segala kebaikan hal ini “pakaian” dan segala kebaikan yang ada dalam hal ini “baju”, dan hamba berlindung kepadaMu dari segala kejelekan hal ini “pakaian” dan segala sesuatu yang ada dalam hal ini “pakaian”.”
dalam kitabnya (Ibnu Sina) dari Mu’adz bin Anas r.a,( Imam Nawawi meriwayatkan) sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Barang siapa yang memakai pakaian baru dengan berdoa:
الحمد لله الذي كساني هذا ورزقنيه من غير حول مني ولا قوة
Alhamdulillaahil ladzi kasaanii haadzaa wa rozaqoniihi min goiri haulin minnii wa laa quwwatin
{Segala Puji hanya bagi Allah yang telah memberikan hamba pakaian ini dan memberikan rizqiNya berupa pakaian baru ini kepada hamba tanpa ada kekuatan dan kekuasaan dari hamba} maka Allah akan memberikan maghfiroh atas dosa-dosa yang telah dilewati.”

روينا في كتاب ابن السنى عن انس رضي الله عنه قال، قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "ستر ما بين اعين الجن وعورات بني ادم ان يقول الرجل المسلم إذا اراد ان يطرح ثيابه: باسم الله الذي لااله الا هو."

Aku (Imam Nawawi) meriwayatkan dalam Kitab Ibnu Sina dari Anas r.a, bahwa Rasulullah SAW bersabda: “Penutup antara penglihatan jin dan aurat keturunan Adam yaitu bacaan: 

باسم الله الذي لااله الا هو
Bismiilaahil ladzi laa ilaaha iLLaa huu
“Dengan menyebut nama Allah, yang mana Tiada Tuhan yang wajib disembah Selain Dia”.

·         Ketika kita melihat orang lain,teman ataupun saudara kita memakai baju baru, maka disunnahkan bagi kita untuk mendo’akannya. Adapun do’anya adalah:
تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَالَى
“Tublii Wa Yukhlifullohu Ta’ala”
“Semoga berumur panjang, dipakai sampai usang dan diganti dengan yang lebih baik oleh Allah Ta’ala.” (HR. Abu Dawud 4/41, lihat Shahih Abu Dawud 2/760).

Atau membaca:
اِلْبَسْ جَدِيْدًا، وَعِشْ حَمِيْدًا، وَمُتْ شَهِيْدًا
“Ilbas Jadiidan Wa ‘Ish Hamidan Wa Mut Syahiidan”
“Pakailah (pakaian) yang baru, hiduplah dengan terpuji, dan matilah sebagai orang yang syahid.” (HR. Ibnu Majah 2/1178 dan Al-Baghawiy 12/41, lihat Shahih Ibnu Majah 2/275).

Atau membaca:
اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيهِ أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ
Allôhumma lakal Hamdu Anta kasaytanîhi. As’aluka min khoirihi wa khoiri mâ shuni`a lahu, wa a`ûdzu bika min syarrihi wa syarri mâ shuni`a lahu.
“Ya Alloh! Bagi-Mu lah segala puji. Engkau telah memberiku pakaian ini. Aku meminta kepada-Mu kebaikan dari pakaian ini dan kebaikan dari apa yang menjadi tujuan dibuatnya pakaian ini. Dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan pakaian ini, dan keburukan dari apa yang menjadi tujuan dibuatnya pakaian ini.”
Begitu agunglah agama islam dalam hal apapun di atur sedemikian rupa guna memperoleh kebaikan dan setiap kebaikan itu teercatat dalam buku yang diwakilkan pada malaikat
Begitupun dalam hal berpakaian kita akan memperoleh kebaikan dengan mengamalkan sunnah rasullah sang rahmat bagi semesta alam

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Dzikir dan Berfikir - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger